TEORI BELAJAR DALAM DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE LEARNING
Review Artikel “Foundations of Educational Theory for Online Learning”
Karya Mohamed Ally dari Athabasca University dalam Terry Anderson & Fathi Elloumi (Eds.).
2004. Theory and Practice of Online Learning. Canada. Athabasca University)
A. Pendahuluan
Sistem instruksional didesain dengan tujuan utama untuk meningkatkan efektivitas
pembelajaran. Secara operasional, sistem instruksional memerlukan teori-teori belajar yang
sebagai dasar pijakan aplikasi dan kemungkinan pengembangan sistem. Begitu juga dengan
sistem instruksional media Online Learning,[1] sebagai media penyampaian, harus disadari
bahwa Online Learning bukanlah faktor tunggal yang menentukan kualitas pembelajaran.
Penelitian terkini mengatakan bahwa lingkungan pembelajaran yang bermedia teknologi dapat
meningkatkan nilai para pelajar, sikap mereka terhadap belajar, dan evaluasi dari pengalaman
belajar mereka. Teknologi juga dapat membantu untuk meningkatkan interaksi antar pengajar
dan pelajar, dan membuat proses belajar yang berpusat pada pelajar (student oriented). Walaupun
penelitian mengatakan seperti itu, tetapi ada juga penelitian yang berisikan dampak negatif dari
Lingkungan Pembelajaran Maya berbasis ini, yaitu para pelajar memungkinkan mengalami
perasaan terisolasi, frustasi, cemas, dan kebingungan atau mengurangi minat terhadap bidang
studi.
Tulisan ini akan mereview sebuah artikel yang berjudul “Foundations of Educational Theory for
Online Learning” Karya Mohamed Ally dari Athabasca University, yang berupaya
meminimalisir dampak negatif Online Learning dengan semaksimal mungkin mendesain sistem
Online Learning Berparadigma Teori Belajar. Pereview akan fokus membahas posisi materi yang
dibahas penulis dalam kaitannya dengan Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran.
B. Foundations Of Educational Theory For Online Learning Karya Mohamed Ally dari
Athabasca University
Artikel ini dimulai dengan adanya diskusi tentang apakah penggunaan teknologi atau disain dari
instruksi tertentu yang secara efektif meningkatkan pembelajaran? Satu pihak berpendapat
bahwa penggunaan media menggunakan audio visual atau komputer media dapat membantu
siswa itu memperoleh pelajaran bermanfaat. Pihak yang lain berpendapat bahwa efektivitas
pembelajaran dipengaruhi oleh strategi pembelajaran dan isi pelajaran dibanding oleh jenis
teknologi (media) yang digunakan. Penulis artikel ini menawarkan solusi dengan
mengaplikasikan pondasi teori bidang pendidikan untuk perancangan materi Online Learning
yang efektif, dan menyarankan suatu model untuk mengembangkan pembelajaran online
berdasar pada teori bidang pendidikan yang sesuai.
Pengembang Online Learning harus mengetahui perbedaan pendekatan-pendekatan dalam
belajar agar dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran harus dipilih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar